TOP NEWS

Wednesday, May 22, 2013

3 proyek besar Semarang ditarget selesai 2013


ilustrasi Foto: Okezone
ilustrasi Foto: Okezone
Tiga proyek besar di Provinsi Jawa Tengah ditargetkan selesai pada 2013 mendatang. Ketiga proyek itu adalah perluasan Bandara Ahmad Yani, pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo dan Pelabuhan Tanjung Emas.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menegaskan bahwa proyek perluasan Bandara Ahmad Yani Semarang akan selesai tepat waktu dan dapat beroperasi pada pertengahan 2013.”Pelaksanaan perluasan berjalan baik dan lancar, sehingga dipastikan pertengahan 2013 nanti sudah bisa beroperasi,”kata Bibit saat melakukan peninjauan di Bandara Ahmad Yani, kemarin.

Bibit juga mengimbau kepada para pekerja untuk bekerja secara maksimal mengingat pentingnya Bandara Ahmad Yani dalam pelaksanaan Visit Jateng 2013. ”Kami harapkan semua yang terlibat mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab Bandara Ahmad Yani ini sudah perlu ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya bertaraf internasional supaya dapat memberikan layanan transportasi lokal dan mancanegara,” kata Bibit.

Perluasan bandara ini menjadi salah satu bentuk pembangunan infrastruktur dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Jateng. Selain perluasan Bandara Ahmad Yani, Bibit menyatakan, pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo dan Pelabuhan Tanjung Emas akan selesai serta beroperasi pertengahan 2013.

”Target pada pertengahan 2013 pembangunan jalur udara, laut dan darat sudah selesai,”paparnya. Terkait rob yang sering melanda Kota Semarang,Bibit meminta pelaksana proyek Bendungan Jatibarang untuk segera menyelasaikan pekerjaanya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng, Urip Sihabudin menambahkan, anggara total perluasan Bandara Ahmad Yani mencapai sekitar Rp1,1 triliun yang berasal dari PT Angkasa Pura, Dishubkominfo Jateng, Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang.

sumber : okezone.com

0 comments:

ARSITEKTUR KEINDAHAN KOTA SEMARANG

Sebuah film pendek yang menceritakan atau lebih tepatnya menggambarkan bagaimana, apa saja, sejarah, dan keadaan bangunan-bangunan bersejarah beraksitektur eropa di Kota Semarang. Kota semarang sampai dijuluki Venesia from the east, tempat-tempat yang dimaksud antaranya Gereja Belenduk, Lawang Sewu, Gedung Jiwasraya. Selain sejarah bangunannya, film inipun memberi kita ilmu tentang budaya-budaya kota Semarang yang tidak jauh dari bahasan arsitekturnya diantaranya candi – candi di daerah jawa tengah. Film ini mendidik kita untuk bisa mengenal sejarah melalui arsitektur dan cerita yang tersimpan didalamnya.
Sebuah narasi yang berjudul The Old city(Venesia from the east),. Ditulis untuk melengkapi tugas yang diberikan oleh dosen softskill tentang kebudayaan Indonesia yang diambil dari film-film hasil karya mahasiswa Gunadarma.

Kota semarang atau yang jaman dahulu lebih dikenal dengan sebutan Venesia from the east memiliki segudang cerita termasuk bangunan-banguinan tua berarsitektur indis.
The Old City atau Kota Lama adalah sebuah potongan sejarang, karena dari sinilah ibu kota Jawa Tengah ini berasal.  Semarang dan Kota Lama seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan begitu saja. Dan tentu saja ini menghadirkan keunikan tersendiri. Sebuah gradasi yang bisa dibilang jarang ada ketika dua generasi disatukan hingga menciptakan gradasi yang cantik sebenarnya. Pada dasarnya area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda.
Bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih kokoh hingga saat ini antara lain Gereja Blenduk. Gereja Blenduk adalah Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di kota itu pada 1753,  dengan bentuk heksagonal (persegi delapan). Gereja ini sesungguhnya bernama Gereja GPIB Immanuel, di Jl. Letjend. Suprapto 32. Nama Blenduk adalah julukan dari masyarakat setempat yang berarti kubah. Di sekitar gereja ini juga terdapat sejumlah bangunan lain dari masa kolonial Belanda. Lawang sewu, Lawang Sewu merupakan sebuah gedung yang merupakan bekas kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.  Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Gedung Jiwasraya, Gedung Jiwasraya ini memiliki ciri arsitektur kolonial yang sangat khas dengan adanya kubah kecil di tengah atap bangunan. Bangunan berupa simetris dengan pintu masuk berada di tengahnya. Bangunan bersejarah yang terakhir adalah Pasar Johar, Sejarah Pasar Johar Semarang dimulai lebih dari seabad yang lalu. Pada tahun 1860 terdapat pasar yang menempati bagian timur alun-alun ini dipagari oleh deretan pohon johar ditepi jalan. Dari sinilah nama Pasar johar itu lahir. Bagaimanapun bentuknya dan apapun fungsinya saat ini, Kota Lama merupakan aset yang berharga bila dikemas dengan baik. Sebuah bentuk nyata sejarah Semarang dan sejarah Indonesia pada umumnya.

sumber : http://putzalto.wordpress.com/2012/03/27/arsitektur-keindahan-kota-semarang/

0 comments:

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia dan juga merupakan salah satu ikon kota Surabaya yang memiliki panjang 5.438 meter. Jembatan ini menghubungkan antara pulau garam Madura dengan pulau Jawa (Surabaya). Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden saat itu Megawati Soekarno Putri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Untuk membangun jembatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun dan biaya sebesar 4,5 triliun rupiah.
Pembangunan jembatan yang berada diatas selat madura ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di sisi pulau madura yang relatif tertinggal di bandingkan dengan kota tetangganya yaitu Surabaya. Jembatan ini memiliki 4 jalur yaitu 2 jalur untuk roda empat atau lebih dan 2 jalur untuk roda dua.
Bagi sobat yang ingin melewati jembatan tersebut harus terlebih dahulu membeli tiket seperti layaknya jalan tol. Untuk roda empat tarifnya sebesar Rp 30.000, sedangkan untuk roda dua sebesar Rp 3.000. Untuk sobat yang narsis abis, sobat bisa berfoto ria diatas jembatan tersebut, sebaiknya bila ingin pemandangan yang bagus lebih baik foto pada malam hari karena di jembatan suramadu tersebut dihiasi lampu warna - warni yang indah. Tapi sobat harus pintar - pintar membaca situasi karena peraturan di jembatan tersebut tidak diperbolehkan untuk berhenti sehingga bila sobat apes, sobat bisa ditilang oleh petugas/polisi yang sering patroli di jembatan tersebut.
Untuk mengakomodasi kapal laut yang melintasi selat madura, jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter agar kapal bisa melintas dibawahnya. Jembatan yang memiliki lebar 30 meter ini memang sangat bermanfaat bagi semua baik warga Surabaya maupun Madura karena dengan adanya jembatan suramadu ini, orang - orang yang akan menyeberang ke madura atau sebaliknya tidak usah repot antri menunggu kapal penyeberangan yang ada di tanjung perak atau kamal.
Proyek jembatan suramadu ini sendiri pertama kali digagas pada tahun 1960an oleh Ir.Sedyatmo (alm) yang tadinya direncanakan untuk membuat jembatan yang menghubungkan pulau jawa dan sumatera. Dan gagasan ini mendapat respon positif dari presiden saat itu Soeharto (alm) dan pada awal Juni 1986 presiden Soeharto menunjuk Menristek BJ Habibie untuk melakukan kajian dan akhirnya bisa berdiri sekarang.
Ada keunikan pada jembatan ini, bila dilihat dari jauh maka kelihatan jembatan ini begitu menanjak di bagian tengahnya tapi bila kita melewatinya tidak ada bagian yang sangat menanjak itu yang ada hanya jalan yang sedikit landai.

sumber : dari berbagai sumber

0 comments:

10 Stadion Masa Depan Indonesia

rronics1 Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia


1. Stadion Batakan
Kota : Balikpapan, Kalimantan Timur
Dibangun : Tahun 2010 masih dalam tahap pengerjaan.
Kandang : -
Kapasitas : 30.000 kursi.
Tipe stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Batakan merupakan stadion masa depan dari Persiba Balikpapan. Komplek stadion Balikpapan di Batakan yang akan dibangun oleh Pemkot, kelak akan menjadi sarana olahraga yang mewah dan megah. Di bangun di atas lahan seluas 18 hektare akan berdiri berbagai sarana olahraga dengan standar olimpiade.
Sarana tersebut tentu akan menjadi angin segar bagi pembinaan olahraga di Balikpapan khususnya buat team Persiba Balikpapan.
Komplek olahraga tersebut diperkirakan membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikan keseluruhan proyek tersebut.
Khusus untuk pembangunan stadion sepakbola pemerintah kota Balikpapan telah menganggarkan dana sekitar Rp 150 miliar.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
vlxu2ova Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

2. Stadion Dompak
Kota : Tanjung Pinang (Pulau Dompak), Kepulauan Riau
Dibangun : Dalam tahap pembangunan
Kandang : -
Kapasitas : 40.000 Kursi
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori :A
Sejarah Singkat
Stadion Utama Tanjung Pinang ini diperkirakan selesai tahun 2012 dan natinya menjadi salah satu stadion bertaraf internasional di Indonesia.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
2otpj3qj Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

3. Stadion Gedebage
Kota : Bandung, Jawa Barat
Dibangun : masih dalam tahap perencanaan
Kandang : -
Kapasitas : 40.000 kursi.
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Gedebage merupakan stadion masa depan Persib Bandung untuk menjalani partai kandang di Liga Indonesia. Stadion yang direncanakan selesai pada Tahun 2011 ini untuk menyambut Sea Games Indonesia 2011 dimana Jawa Barat akan menjadi tuan rumah bersama denga Jawa Tengah, DKI Jakarta, Dan Sumatera Selatan.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
gh5mwogk Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

4. SUGBK (Gelora Bung Karno)
Kota : Jakarta Pusat, DKI Jakarta Raya
Dibangun : 8 Februari 1960 (Renovasi 2007)
Kandang : Tim Nasional Indonesia, Persija Jakarta (Liga Super)
Kapasitas : 88.083 tempat duduk.
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Event besar – Asian Games IV Jakarta 1962
- Sea games
- PON
- Piala Asia 2007
Sejarah Singkat :
Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno adalah sebuah kompleks olahraga serbaguna di Senayan, Jakarta, Indonesia. Kompleks olahraga ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Dalam rangka de-Soekarnoisasi, pada masa Orde Baru, nama kompleks olahraga ini diubah menjadi Istora Senayan. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama kompleks olahraga ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.[1]. Dengan kapasitas sekitar 100.000 orang, stadion yang mulai dibangun pada pertengahan tahun 1958 dan penyelesaian fase pertama-nya pada kuartal ketiga 1962 ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Menjelang Piala Asia 2007, dilakukan renovasi pada stadion yang mengurangi kapasitas stadion menjadi 88.083 penonton.
Pembangunannya didanai dengan kredit lunak dari Uni Soviet sebesar 12,5 juta dollar AS yang kepastiannya diperoleh pada 23 Desember 1958.
Kondisi Sekarang
Tribun : A
Tempat duduk : B+
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
ep9ahx8f Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

5. Gelora Bung Tomo
Kota : Surabaya, Jawa Timur
Dibangun : dalam tahap pengerjaan.
Kandang : -
Kapasitas : 50.000 tempat duduk.
Tipe stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Gelora Bung Tomo terletak di Surabaya Barat. Jawa Timur yang merupakan kandang masa depan dari klub Persebaya Surabaya. Stadion ini direncanakan akan diresmikan pada bulan Mei tahun 2010 ini.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
gfgyx0hr Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

6. Gelora Jakabaring
Kota : Palembang, Sumatera Selatan
Dibangun : Tahun 2001
Kandang : Sriwijaya FC (Super Liga)
Kapasitas : 40.000 tempat duduk
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Lama.
Kategori : A
Event Besar – PON XVI 2004 Sumatera Selatan
- Piala Asia 2007
Sejarah Singkat
Stadion Gelora Sriwijaya yang terletak di daerah jakabaring Palembang ini merupakan salah satu stadion besar di Indonesia. Dibangun dalam rangka persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah PON XVI 2004, menunjukan keseriusan daerah ini dalam menyambut dan menyukseskan event empat tahunan tersebut. Dan kini pasca PON stadion ini digunakan klub juara Copa Indonesia dan juara Liga Indonesia 2007, Sriwijaya FC sebagai kandang klub tersebut.
Stadion ini juga pernah digunakan sebagai tuan rumah pertandingan kualifikasi dan perebutan tempat ke-3 Piala Asia 2007 mewakili stadion Indonesia selain Gelora Bung Karno.
Kondisi Sekarang
Tribun : B+
Tempat duduk : B+
Fasilitas : A
Rumput : B
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : B+
lgokvmns Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

7. Stadion Nasional
Kota : Pekanbaru, Riau
Dibangun : Tahun 2009
Kandang : -
Kapasitas : 43.000 kursi.
Tipe Stadion : Stadion Madya (Olympic)
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Utama PON Riau 2012 Pekanbaru akan mulai dibangun pada tahun 2009 untuk menyambut Pekan Olahraga Nasional XVIII Riau 2012, stadion ini merupakan stadion utama event tersebut. Dengan arsitektur modern nantinya akan menjadikannya stadion terbaik di Indonesia.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
wimn5no3 Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

8. Stadion Palaran
Kota : Samarinda, Kalimantan Timur
Dibangun : Tahun 2005
Kandang : Persisam Putra Samarinda (Super Liga)
Kapasitas : 50.000 kursi.
Tipe Stadion : Stadion Madya (Olimpiq)
Kategori : A
Event Besar – PON XVII 2008 Kalimantan Timur
Sejarah Singkat
Stadion ini diproyeksikan untuk acara pembukaan dan penutupan PON XVII 2008 Kalimantan Timur. Stadion ini merupakan stadion pertama di Indonesia yang seluruh tempat duduknya memakai kursi penonton. Merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.
Kondisi Sekarang
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
cpr6ccyz Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

9. Stadion Perjiwa
Kota : Tenggarong, Kalimantan Timur
Dibangun : Tahun 2007 masih dalam tahap penyelesaian.
Kandang : -
Kapasitas : 35.000 kursi.
Tipe stadion : Stadion Madya (Olimpiq)
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Perjiwa, Tenggarong, Stadion yang kan selesai tahun ini. Jika sudah rampung seratus persen, stadion ini dipastikan akan lebih megah dibanding Stadion Utama Palaran ataupun Senayan. Selain lapangan standar Eropa, stadion ini akan dilengkapi atap model knock down. Atap bisa distel membuka dan menutup secara digital
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A
i6k7nipu Inilah 10 Stadion Masa Depan Indonesia

10. Stadion Taman BMW
Kota : Jakarta, DKI Jakarta
Dibangun : masih dalam tahap perencanaan (dijadwalkan dibangun awal 2010 dan diperkirakan selesai Tahun 2020)
Kandang : -
Kapasitas : 40.000 kursi.
Tipe Stadion : Stadion Sepakbola Modern
Kategori : A
Sejarah Singkat
Stadion Taman BMW (Taman Bersih Manusia dan berWibawa) merupakan kandang masa depan klub elit sepakbola Indonesia, yaitu Persija Jakarta. Dapat di bayangkan apabila stadion ini selesai sesuai perencanaan yang telah ada, stadion ini bakal menjadi Allianz Arena nya Indonesia ataupun menyerupai Emirates Stadium yang ada di Inggris.
Perkiraan Kondisi
Tribun : A
Tempat duduk : A
Fasilitas : A
Rumput : A
Drainase : A
Penerangan : A
Papan Skor : A
Kondisi : A

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...